Hand Drawn Web Design

8 December, 2010

Dalam dunia web desain, saya termasuk orang yang menyukai Hand-Drawn Web Design, yang kalo diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi desain web gambar tangan(cmiiw). Umumnya sebelum membuat desain web, biasanya para desainer mengaplikasikan imajinasi dan kreatifitas desainnya melalui sketsa di kertas. Bagaimana jika sketsa desain itu tadi terapkan langsung ke dalam desain web? tentunya menarik sekali. Desain web yang biasanya kita lihat berbentuk digital-formal yang biasa banget, kini menjadi terlihat lebih unik dengan gaya hand-drawn. Tampilannya pun gak hanya terfokus dengan komposisi header-menu-content-footer aja. Tapi bisa kita gunakan dengan komposisi header-footer seperti yang terlihat pada desain web Daniel Buttner dan Harry Ford di bawah ini

Ada keunikan tersendiri jika kita memiliki desain web dengan gaya hand-drawn. Desain web kita terlihat seperti hasil buatan tangan sendiri. Apalagi jika dalam desain itu juga ditampilkan beberapa animasi, mungkin akan membuat pengunjung lebih betah untuk berkunjung di situs kita.

Sebenarnya menarik atau tidaknya desain web kita, semua tergantung dari pengunjung/pembaca(blog). Terkadang ada website dengan desain simple dan biasa banget tapi kontennya bagus dan memberikan inspirasi. Alangkah baiknya jika konten yang bagus tadi dipadukan dengan desain web yang bagus pula. Desain web yang bagus disini yakni desain yang mempunyai nilai kreatifitas dan keunikan tersendiri. Atau bisa dibilang beda dengan desain web yang lain.

Saya sempat teringat dengan kutipan Richard Fang di Jurus Grafis tentang konten dan desain,

Jika konten adalah raja, maka desain adalah jubah yang berkilau dan  mahkota yang dikenakan oleh raja

Selain beberapa web diatas, masih banyak situs-situs yang menggunakan Hand-Drawn Web Design. Bisa di cek di sini, atau di sini.

Mungkin desain web bergaya hand-drawn ini bisa dijadikan pertimbangan untuk membuat desain web yang unik dan beda dari yang lain. Ada blogger yang udah make desain web seperti diatas?


Written by @hlga

upparl's designer, part-time freelance designer, and weekly blogger. Find me on instagram!

27 replies

Waw! Hebat, design-nya bagus banget haha. Salam kenal ya! :)

“terimakasih :) salam kenal juga”

by ageng on December 20, 2010 at 8:33 pm. #

Tapi kalo kebanyakan aminasi, bisa bikin berat bukan?
Ah beruntung mereka yang lahir di jaman internet dan tools sudah lengkap…. kalau jaman dulu hasil hand drawn mungkin hanya bisa dituangkan semaksimalnya ya di kanvas….
Saya setuju dengan pendapat bahwa Konten adalah raja, dan theme or design web yang bagus ibarat jubah dan mahkota. Kenapa? Ya jujur saja, klo blog kita kontennya bagus tapi tampilan acak kadut, siapa yg mo baca? Hehehe…

Sukses ya Hel..! :)

“ngasih animasinya dikit aja kak, biar ga berat hehe. ya kalo tampilannya acak kadut seperti yang dibilang kakak, mungkin orang juga agak males mampir di website kita hehe. terimakasih udah berkunjung”

by zee on December 16, 2010 at 2:33 pm. #

wah, keren. kapan blog ane interface nya kayak gitu yak (-,-)

“secepatnya dong”

by Miftahgeek on December 15, 2010 at 8:05 pm. #

gambarnya keren
nyatu eee
suka aku
heheeh :D

“terimakasih :)”

by kyra.curapix on December 14, 2010 at 6:39 am. #

content is a king, template is a queen!

“yeah!”

by ndop on December 13, 2010 at 7:06 pm. #