Memaksimalkan Peran Sepeda di Jakarta

21 March, 2012

Setiap minggu pagi gak jarang saya melihat iring-iringan ratusan sepeda yang sedang mengikuti kegiatan Car Free Day(CFD) melintasi kawasan Thamrin-Sudirman, Jakarta Pusat. Kawasan yang pada hari kerja(Senin-Jumat) selalu penuh dengan kendaraan roda 2 atau lebih beserta polusinya. Kata macet sudah bukan menjadi rahasia umum lagi disini. Teman kantor saya bilang, bukan Jakarta namanya kalo gak macet. Bahkan saya sempat heran saat beberapa Transjakarta, yang seharusnya menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan, malah ikut-ikutan macet sama seperti kendaraan lain.

Kemarin sore saya membaca salah satu artikel di VOA News Indonesia tentang adanya program “Capital Bikeshare” yang diadakan pemerintah kota Washington DC, Amerika Serikat. Dengan adanya program ini, diharapkan bisa mengurangi kepadatan kendaraan dan juga untuk menjaga lingkungan dari polusi. Warga Washington bisa meminjam sepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti pergi ke kantor atau hanya untuk berjalan-jalan.

Cara peminjaman sepedanya pun mudah, peminjam hanya perlu memakai kartu kredit mereka lalu menentukan sepeda yang diinginkan. Bukti pembayaran yang dicetak juga memuat kode untuk membuka kunci sepeda. Tinggal masukkan kode tersebut dalam gembok digital yang terdapat pada sepeda, lampu hijau akan menyala dan sepeda siap dikayuh.  Begitu juga dengan cara pengembalian sepeda tersebut yang mudah. Yakni dengan hanya mendatangi lokasi Bikeshare yang terdapat di berbagai lokasi dan letakkan sepeda pada raknya.

Kebayang gak sih kalo di Jakarta juga ada program semacam ini?

Yang saya tau selain adanya CFD, beberapa bulan yang lalu di Jakarta juga sudah dibuatkan jalur khusus untuk para pengemudi sepeda. Namun kenyataannya jalur sepeda itu malah sering diambil alih oleh pengemudi kendaraan bermotor maupun mobil. Gak jarang jantung hampir copot kalo kita naik sepeda di saat jam kerja. Metromini, bus, kopaja, taksi, motor, mobil, hingga bajaj saling berebut menjadi yang terdepan. Sangat miris kalo ngeliat lampu lalu lintas dan trotoar tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketua Komunitas Pesepeda Bike To Work(B2W), Toto Sugiharto, menilai jalur sepeda di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, tidak efektif penggunaannya dan tidak terpakai sama sekali. Beliau juga bilang bahwa pembuatan jalur sepeda itu hanya membuang uang dan energi saja. Sangat disayangkan kalo kesadaran masyarakat Jakarta terhadap jalur sepeda ini masih kurang. Padahal bisa dibilang kalo program semacam ini merupakan upaya pemerintah menuruti kemauan masyarakat Jakarta yang masih mengeluh dengan kemacetan dan polusi yang ada di Jakarta.

beri sepeda jalan

Coba deh Jakarta bisa menerapkan peminjaman sepeda bagi warganya seperti di Washington. Tempatkan penyewaan sepeda di beberapa kawasan strategis seperti daerah Sudirman, Kuningan, Senayan, hingga Pondok Indah. Sepeda yang disewakan diberi batas waktu dari pagi hari(08.00) – sore hari(17.00). Mungkin(meskipun sedikit) langkah ini bisa membuat Jakarta bisa mengurangi masalah kemacetan yang ada. Kesadaran masyarakat emang mutlak dilakukan. Jangan sampai program peminjaman sepeda ini malah menjadi bumerang yang justru menambah masalah saja. Saya masih ingat tentang kasus hilangnya beberapa sepeda SEA Games di Palembang kemarin yang seharusnya sepeda tersebut disediakan untuk para atlet. fffuuu

Selain itu pemerintah Jakarta juga bisa memanfaatkan program yang sudah ada seperti CFD dengan cara menambah jumlah hari diadakannya CFD. Semisal CFD diadakan setiap sabtu-minggu. Saya rasa respon masyarakat juga bakal antusias kalo CFD diadakan 2 hari dalam seminggu. Kalo perlu, setiap hari sabtu CFD diadakan sore hari. Jadi pelajar maupun karyawan yang sabtu paginya sekolah atau kerja, masih bisa ikutan. Saya sering ko ngeliat di daerah Monas atau Senayan masih banyak yang bersepeda di sabtu sore.

car free day helga

Atau jika pemerintah mau, bisa diadakan program 1 sepeda untuk 1 orang. Ini bisa dilakukan dengan menjual produk sepeda dengan harga terjangkau. Betapa sejuknya kalo setiap pagi kita melihat puluhan atau bahkan ratusan sepeda melintasi jalanan Jakarta. Selain bermanfaat bagi lingkungan bersepeda juga bermanfaat untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita.

Menurut saya daripada membangun monorail atau MRT dengan biaya tinggi tapi ujung-ujungnya masih jadi wacana semata, lebih baik memanfaatkan kendaraan sederhana seperti sepeda untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta. Gak perlu juga susah payah melakukan aksi demo untuk menuntut hilangnya kemacetan di Jakarta. Dengan melakukan aksi kecil seperti bersepeda ke kantor atau memaksimalkan jalur sepeda yang sudah ada itu sudah cukup membantu.

Yuk, memaksimalkan peran sepeda dari sekarang!


Written by @hlga

upparl's designer, part-time freelance designer, and weekly blogger. Find me on instagram!

27 replies

selain sepeda…armada angkutan umumnya juga diperbaharui dan jumlahnya ditambah. Dan untuk para orang kayanya diberi aturan satu keluarga hanya boleh mempunyai maksimal 1 mobil pribadi…
supaya gak macet…

“naekin pajak mobil aja tuh haha”

by obat sakit maag kronis on March 28, 2012 at 10:07 am. Reply #

kalo karyawan yang tinggal di pinggiran Jakarta, trus kerjanya di JakPus, bisa gempor juga kalo naek sepeda ya

“ya kalo jauh gitu sepeda gak direkomendasikan lah :p”

by cha onie on March 27, 2012 at 9:15 pm. Reply #

Saya mau naik sepeda di Jakarta kalau ga ada mobil, busa atau motor. Soalnya ngeri banget, kan di Jakarta banyak pembalapnya, ngebut mulu kerjanya. :lirik:

“berhati-hati aja pas naeknya”

by Sya on March 27, 2012 at 7:54 pm. Reply #

dan skg gak cuman amerika, perancis pun dgr2 malah mau kembali ke transportasi jaman dulu (sepeda).
Saya juga punya harapan yang sama di surabaya

“mari berharap dan berdoa”

by yolanda on March 26, 2012 at 8:12 pm. Reply #

pengen tuh saya juga 1 sepeda 1 orang. terus harga sepeda nya murah dan bagus juga, di subsidi gitu. kan mantapp

pake sepeda yang bisa dilipat juga jadi kalau macet tinggal lipet angkut aja, beres..gak macet mudah2an, amin.. :nanana:

“sepeda lipat lebih pas daripada sepeda lain kaya fixie”

by maminx on March 26, 2012 at 7:32 pm. Reply #

bagus tu program 1 sepeda untuk 1 orang. . bisa ngurangin polusi di ibu kota. .

“yoi maryoi”

by balita on March 25, 2012 at 5:34 pm. Reply #

Hwaaaa….bisa matek aku kalo disini kudu pake sepeda..jalannya naik turun gak karuan..sangat tidak ramah pesepeda.. :(

“yaudah, naik bejak saja”

by ocha on March 25, 2012 at 10:50 am. Reply #

di kampusku juga ada sepeda, tapi cuma jadi pajangan doang, gg dibagiin ke mahasiswa/inya buat apa ya ? :mikir:

“disewain aja hahaha”

by Tiara Putri on March 25, 2012 at 1:45 am. Reply #

saya pernah liat tuh video VOA tentang penyewaan sepeda kalo gak salah di Metr* TV.

Idenya memang bagus selain mengurangi kemacetan bisa juga tetap menjaga stamina apalagi yang buat yang menjalani program diet.
semoga ide in dapat dilaksanakan oleh Gubernur Jakarta terpilih nanti.

“Amin, saya juga berharap sama”

by adizone23 on March 24, 2012 at 9:21 pm. Reply #

saya juga pernah liat liputan voa-nya yang ituuuu. seru banget dan pengen dijakarta ada kayak gitu. tapi emang rada susah sih. di jakarta, tempat sampah aja ilang. apa lagi sepedaaaa? :puyeng:

“ha? gimana ceritanya tempat sampah bisa ilang gitu? ckck”

by ikrima on March 24, 2012 at 2:59 pm. Reply #

lebih baik kaya saya. kemana – mana jalan kaki :yuhuu:

“wah lebih sehat itu bro”

by fanz on March 24, 2012 at 2:40 am. Reply #

pernah nonton di belanda jalur sepeda ada di sepanjang jalan , bahkan ada di jalan tol sekalipun :nyam:

“iya saya juga pernah denger di belanda katanya juga ada program 1 orang 1 sepeda loh”

by Herry Fitrian on March 23, 2012 at 8:28 pm. Reply #

susah orang indonesia mah disuruh naik sepeda padahal selain nanti bebas polusi kan bisa minimalkan kecelakaan juga di jalan raya :mmmm:
bapakku aja yg mengaku jaman dulu kalo kemana2 naik sepeda eh sekarang mana mau naik sepeda kalo pergi2 :d

“sekarang kalah sama kendaraan bermotor yang bejibun”

by Corat - Coret [Ria Nugroho] on March 23, 2012 at 7:10 am. Reply #

Wah keren yah! Suka deh seger liat fotonya sepedahaaaan aku suka sepedahaaan, coba aja ya di Bogor, tapi nanti tukang angkot demo lagi haha tapi pengen deh, masalahnya agak serem kalau di sini dari rumah ke kampus 13km sendirian sepedahan lawan angkot yang suka kaya kesetanan gitu dibawanya dan jumlahnya banyak haheem… Semoga deh Jakarta dulu ya, amin… nanti Bogor, nanti semuanya :D

“yauda cing bawa sepeda lipat aja ke kampus”

by Ucing on March 22, 2012 at 6:15 pm. Reply #

sangat setuju pal, sepeda dijadikan transportasi di indonesia, karena selain tanpa polusi, akan memberi kesehatan bagi pengendaranya :tepok:

“pal?”

by yadibaroos on March 22, 2012 at 6:06 pm. Reply #

ah, carfreeday, berharap Jogja bisa segera terwujud, sayangnya baru ada di jakarta dan Solo, dan mereka yg tidak suka bersepeda selalu mencela pesepeda (pengalaman) padahal mereka sendiri suka melanggar batas kecepatan. hm… :angguk:

“loh di jogja belom ya? kirain udah kaya solo gitu”

by Hanif Mahaldi on March 21, 2012 at 10:00 pm. Reply #

boleh juga nih jakarta kalau benar2 ada program peminjamanan sepeda. soalnya di jakarta padat dan macet banget. :puyeng:

“macetnya udah parah”

by andre on March 21, 2012 at 9:52 pm. Reply #

bahahahaha tapi kalo dipikir2, kasian juga ya yang ga bisa naik sepeda :D
untung saya bisa hahahaha

#abaikan

“yang gabisa ya jalan kaki aja :D

by Lynn on March 21, 2012 at 9:19 pm. Reply #

waahaha… menarik sekali artikelnya..soalnya saya baru dikasih hadiah sama istri sebuah sepeda buat saya :D tadinya sih katanya buat ngirit bensin kan bensin mau naik jadinya saya mulai naik sepeda buat kerja dan jalan-jalan.. tapi lebih asik koq selain sehat juga kan bs sambil cuci mata di jalan wadduuuh xixi :ngiler:

“saya juga mau beli sepeda juga ah”

by papap arfa on March 21, 2012 at 7:06 pm. Reply #

itu dibagian belakang sepedanya bagus om.

beri sepeda jalan.

:tepok:

“itu pesan buat para pengendara motor yang sering menyerobot jalur sepeda”

by airyz on March 21, 2012 at 3:51 pm. Reply #

Leave your comment

Required.

Required. Show your gravatar.

If you have one.


x( :yuhuu: :yeyeye: :x :wuswus: :tepok: :puyeng: :p :ohno: :nyam: :ngupil: :ngiler: :nanana: :mmmm: :mmm: :mikir: :marah: :lirik: :kyaa: :kanankiri: :hh: :hekhem: :he: :halah: :hakcuh: :fufufu: :byur: :bwek: :asik: :angguk: :D :3 :) :(