Setahun Terakhir

Tahun 2017 dimulai dengan banyak hal yang ingin saya selesaikan satu-persatu. Orang-orang biasa menyebutnya resolusi, tapi saya lebih suka dengan sebutan target. Biar saya tau sejauh mana saya berkembang dan berproses. Saya pengin memanfaatkan betul waktu yang ada di tahun ini untuk berkarya. Udah bukan waktunya bersantai-santai kaya di pantai.

Lalu apa yang sudah saya lakukan selama setahun terakhir?

1. Resign jadi karyawan

Untuk keempat kalinya saya resign. Keputusan ini diambil setelah saya bersemedi ngerasa waktu untuk bersantai di kos mulai berkurang. Tiga bulan sebelum resign saya memulai bisnis baru di bidang konveksi yang mengharuskan saya sering terlambat pulang ke kos. Pagi kerja bikin desain, malemnya ngurus orderan kaos. Begitu terus dari Senin sampai ketemu Senin lagi. Gak jenuh cuma ngerasa capek aja. Hingga akhirnya palu diketuk, saya membebaskan diri dari status karyawan.

Halogaga

(Sumber foto: Picjumbo)

Dengan pilihan ini saya harus lebih pintar mencari peluang dan penghasilan yang stabil agar bisa bertahan hidup. Karena saat ini saya udah gak bergantung lagi dengan gaji yang cuma keluar sebulan sekali.

2. Bisnis konveksi

Saya memasuki bisnis konveksi ini dengan membawa pengalaman pernah gagal 2 kali. Yang pertama waktu dulu bikin konveksi online dengan sablon DTG yang cuma berjalan kurang dari setahun. Lalu yang kedua gagal bikin konveksi sablon manual ketika orderan pertama langsung dikomplain customer karena produk yang saya bikin kualitasnya gak sesuai ekspektasi.

Halogaga

Bisnis kali ini saya jalanin berdua dengan Juniarto, seorang entrepreneur yang udah 5 tahun menggeluti bisnis garment di Surabaya. Kami ingin mengenalkan Akina Konveksi sebagai brand yang bisa menjadi partner untuk setiap kebutuhan konveksi customer. Produk andalan Akina berupa kaos, polo, kemeja, jaket, & jersey. Melayani pembuatan mulai dari satuan (kaos) hingga ratusan untuk tiap order. Akina juga menyediakan produk pendukung seperti topi, totebag, mug, hingga pin.

Halogaga

(Sumber foto: Pixabay)

Meskipun umurnya masih belum genap setahun, alhamdulillah bisnis ini terus berkembang. Lebih dari 7000 pakaian sudah diproduksi sampai saat ini. Saya seneng karena bisnis ini berproses. Gak cuma ngandelin omongan doang tapi juga dibuktikan dengan pelayanan yang memudahkan bagi customer. Evaluasi bakal terus ada karena saya masih butuh waktu supaya bisnis ini semakin haqiqi dan berfaeda. Bismillah, kuy!

3. Freelance designer

Kerjaan sampingan seperti desain website, desain logo & kartunama untuk kebutuhan branding , hingga desain flyer & banner untuk kebutuhan campaign ini saya kerjakan di waktu luang. Malah kadang saya beresin sebelum pagi datang. Sesekali begadang biar gak dikejar-kejar deadline. Hasilnya bisa buat jajan dan disimpen buat tabungan.

Halogaga

Di tahun kemaren alhamdulillah dapat kepercayaan gabung di beberapa proyek di instagram. Di waktu tertentu saya juga nyambi bikin pre-order kaos desain bikinan sendiri. Yang pasti selama masih bisa bagi waktu dan hasilnya cukup, pasti bakal saya kerjain. Kecuali kalo ada kerjaan sampingan yang bikin jadwal tidur keganggu, mungkin bakal saya pertimbangkan dulu sebelum diambil.

—-

Lalu di tahun 2017 ini ada beberapa target sudah saya siapkan. InsyaAllah bisa diselesain satu persatu asal tetep istiqomah dan konsisten!

1. Sebulan sekali beli 1 buku baru. Tapi kalo bukunya bagus-bagus, beli 2 deh.
2. Omset tembus 3 digit perbulan.
3. Ganti status KTP.
4. Income dari freelance makin stabil.
5. Berolahraga seminggu sekali.

Manusia hanya bisa berencana & berwacana, tapi Allah yang menentukan. Semoga bisa terealisasikan satu persatu. Aamiin!

@hlga

UI designer, mobile photographer, and weekly blogger. Find me on instagram!

One thought on “Setahun Terakhir

  1. Amin mas.. smg resolusinya tercapai tahun 2017 ini mas.. o ia desain logo brp mas? Saya mau buat utk blog saya nih hehehe

    “makasih mas :) ada whatsapp atau line mas? “

Comments are closed.