Seharian Mengelilingi Kota Gresik

Setelah nego harga, abang ojek yang saya temui di terminal itu akhirnya bersedia mengantar saya ke Gresik. Perjalanan ke kota ini sebelumnya saya tempuh dengan bis menuju Surabaya dari Malang yang kemudian dilanjutkan dengan bis lokal menuju terminal Osowilangun. Sepuluh menit setelah saya sampai di alun-alun, Alid pun datang dengan motor matic-nya.

Ini pertama kalinya saya datang ke Gresik yang ternyata cuacanya gak beda jauh dengan Surabaya. Demi mencari foto-foto untuk materi lomba, saya ngajak Alid untuk mampir kesini.

seharian mengelilingi kota gresik - halogaga

Tempat pertama yang kami datangi yakni kota Tua di Kampung Kemasan. Mungkin karena udah siang, motret di tempat ini berasa lagi sauna. Cukup banyak gedung-gedung tua yang sepertinya udah ada sejak jaman penjajahan dulu. Suasananya sepi dan gak banyak orang yang lewat. Kami berjalan menyusuri gang-gang kecil yang ada di sekitar kampung. Kayanya bakal lebih seru kalo motret disini pas pagi hari.

Abis menyantap seporsi nasi campur, kami berpindah menuju Makam Maulana Malik Ibrahim. Biasanya tempat ini memang dijadikan tujuan wisata religi bagi orang-orang yang ikut tur walisongo. Pas nyampe di sini, sudah ramai orang yang dateng untuk mengunjungi makam. Saya cuma bisa motret sambil ngadem di pinggir makam karena cuaca yang semakin terik.

Begitu juga waktu di Makam Sunan Giri, gak banyak yang bisa kita lakuin karena waktu itu wisatawan yang dateng rame banget. Kami sampai di sini melalui jalan pintas dengan melewati rumah warga yang diarahin sama google. Saya sendiri masih bingung gimana cara memotret pas lagi crowded. Alunan doa dan shalawat terdengar di depan makam. Kami menyempatkan diri untuk tidur-tiduran bentar di depan masjid sambil ngecas hp yang baterainya udah memerah.

seharian mengelilingi kota gresik - halogaga

Perjalanan berlanjut ke Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP). Kebetulan waktu itu disana lagi ada bazar buku murah. Meskipun yang dijual kebanyakan buku-buku terbitan lama bahkan ada buku kw yang isinya meng-copy dari terbitan aslinya. Gedungnya juga masih dalam tahap perbaikan. Jadi yang bisa saya potret cuma arsitektur gedungnya aja. Sementara Alid lagi asik nyepik anak-anak sma biar mau di jadi objek fotonya. Kelakuan.

Keringat mulai bercucuran saat kami bergerak menuju Gelora Joko Samudera. Sangat gak dianjurin motret di tempat ini pas siang bolong karena susah buat berteduh dari terik matahari. Stadion-nya mayan gede dan ternyata masih belum selesai pembangunannya. Tapi kalo nanti udah jadi kayanya tempat ini bakal jadi tempat berkumpul anak-anak muda pas pagi hari buat berolahraga.

Waktu semakin sore sementara kami masih belum puas untuk menjelajahi kota ini. Melipir sebentar ke warung nasi krawu di pinggir jalan demi mengiyakan keinginan perut yang pengin mencicipi makanan khas Gresik. Nasi krawunya leh uga. Meskipun harganya di atas standar harga anak kost.

Karena bingung mau kemana sore itu kami memutuskan untuk mampir ke daerah pinggiran pantai. Iseng aja sih dengan harapan sampai disana bisa menikmati sunset dari pinggir pantai. Jalan menuju pantainya cukup terjal karena ada beberapa bagian yang rusak aspalnya. Bisa jadi karena yang lewat di jalan itu adalah truk-truk bermuatan besar.

Kami berhenti di antara beberapa warga kampung nelayan yang lagi asik duduk-duduk di depan warung. Tampak banyak perahu nelayan yang lagi ditambatkan di sepanjang sungai yang dekat dengan pantai. Kami memarkir motor di samping warung. Menyusuri jalan setapak yang ternyata terhubung dengan jalur nelayan menuju perahunya. Jalurnya terbuat dari kayu yang memanjang hingga ke laut.

seharian mengelilingi kota gresik - halogaga

Suasana sore itu begitu menenangkan. Kami menyapa bapak-bapak nelayan yang lagi sibuk membersihkan perahunya. Ada juga yang tengah asik memperbaiki jaring ikan. Mereka membalas sapa kami dengan senyuman hangat. Seperti biasa mereka mengira kami adalah fotografer yang lagi ngeliput berita. Padahal mah cuma gembel item yang lagi nyari sunset di pinggir laut.

Sesekali perjalanan dadakan seperti ini emang perlu dilakuin. Biar saya tau kalo di deket-deket sini juga banyak tempat yang bisa di eksplor tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

@hlga

UI designer, mobile photographer, and weekly blogger. Find me on instagram!

6 thoughts on “Seharian Mengelilingi Kota Gresik

1. I see you don’t monetize your page. You can make extra passive income,
    your niche is good for one method, just search
    in google; website monetization methods by Riggso

2. sesekali aku juga pengen jalan jalan kayak gitu.
    Tapi pas udah jalan jalan kayak gitu mager moto moto malah selfie selfie *Yahhh dasar wanita

Apalagi kalau mas alid nawarin saya poto mas.
    Wah udah eksyen2 aja saya mah wkwkw