Minimalis

Dulu saat pertama kali belajar ngeblog tahun 2008, saya termasuk orang yang sering ngikutin tren blog. Jadi semisal ada desain blog keren, saya juga bikin desain yang keren. Ada blog dengan header yang keren, saya juga membuat header. Ada blog dengan isi  sidebar-nya penuh dengan banner, iklan, dan widget, saya juga tertarik untuk membuatnya. Seperti waktu pertama nge-blog di blogspot, widget di blog saya banyak banget mulai dari kalender, jam digital flash, kolom komentar, kolom follower, tagbanner dan lain sebagainya. Sampai saya pindah ke wordpress sebulan kemudian, saya masih tetap memanfaatkan sidebar blog dengan bermacam-macam widget. Jadi ketika halaman blog saya di scroll ke bawah, jadinya panjang banget. Dan ini bukan dikarenakan postingan artikel yang panjang tapi gara-gara widget yang bertumpuk-tumpuk di sidebar -,-

minimalism

Tapi sekarang, setelah saya sering berselancar di berbagai blog dengan berbagai macam tipe dan karakter, saya mulai mengurangi pemakaian widget di sidebar sedikit demi sedikit. Dari yang awalnya widget terpasang di sidebar cuma untuk ngikutin tren(tanpa memikirkan akses blog yang melambat) menjadi widget terpasang di sidebar dengan tujuan mempercantik desain dan mengoptimalkan akses blog. Saya gak mau jika semisal ada pengunjung yang mengujungi blog ini menjadi bosan gara-gara lambatnya akses di blog ini(efek dari kebanyakan widget+javascript+iklan)

Seperti yang tampak di sidebar sebelah kanan saya ini, sekarang hanya ada 4 buah widget. Yang pertama status terakhir akun twitter saya, yang kedua link website utama saya, yang ketiga akun ym saya yang selalu invisible, dan terakhir flash banner dari IDBN. Meskipun nantinya bertambah, mungkin akan saya maksimalkan menjadi 5 widget. Ya tapi kalo masih terpaksa ditambah lagi, akan saya maksimalkan menjadi 6 saja. Oke stop di angka 6 untuk widget. Selain itu kedepannya blog ini masih akan terus saya redesain. Bosan menjadi faktor utama yang membuat saya merasa gatal kalo tidak mengutak-atik tampilan blog ini.

 

NB : Saya mau menginformasikan kalo situs halogaga[dot]com sudah bisa diakses sejak sebulan yang lalu. Isinya masih gak jauh-jauh dari tutorial dan inspirasi desain. Jadi kalo suatu waktu blog ini jarang update, ada kemugkinan saya masih sibuk mengutak atik situs halogaga tadi. Kalo berkenan silahkan dikunjungi.

 

@hlga

Web designerd, mobile photographer, and weekly blogger. Find me on instagram!

32 thoughts on “Minimalis

  1. mending minimalis mas, asal akses nya cepet meski dengan koneksi internet ngap ngapan :D

    udah bagus ini ko.

    “haha ngap ngapan kaya ikan mau mati”

  2. Ah..kalo punya saya belum minimalis bro :D
    Rasa2’nya juga pengen ngapus widget yang gak penting deh di Blog :D

    “hapus saja semuanya! :p”

  3. hoaaahhemss…….
    iya sama dulu gw juga seneng banget dandanin blog..
    sekarang juga masih seneng sih..tp ga ada waktu
    update aja ga pernah.
    heheehe…….. :3

    “widih ada artisss”

  4. Hi! salam kenal.

    saya diarahkan dari tuiteurnya si chacha.
    btw, blognya keren, webdesigner ya? :)

    keep up ur good work!

    “salam kenal juga masbro. ah saya cuma desainer newbie”

  5. Wah aku pengen deh bisa webdesign! Kadang pgn ganti theme di blog2ku, tapi ya cuma bisa pake theme gratisan & minta tolong teman yg customize hihi! :D

    “hehe gapapa pake yang gratisan juga bisa buat belajar web desain kak”

Comments are closed.